Kerusakan TV LED Changhong

Kerusakan TV LED Changhong – Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Front-tv.net – Selamat datang di artikel ini yang akan membahas penyebab dan cara memperbaiki kerusakan pada TV LED Changhong. Sebagai perangkat elektronik yang memiliki tegangan listrik tinggi, televisi membutuhkan perawatan dan perbaikan yang hati-hati dan teliti.

Kerusakan pada televisi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk solderan yang kurang baik atau rusak, komponen yang rusak, atau masalah pada bagian lainnya. Gejala kerusakan juga bervariasi, mulai dari televisi mati total, mati standby, hingga protek.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis kerusakan TV LED Changhong yang sering terjadi beserta penyebabnya.

Selain itu, kami juga akan memberikan tips dan langkah-langkah perbaikan yang dapat kalian coba. Jadi, jika kalian memiliki televisi LED Changhong yang mengalami kerusakan, simak pembahasan berikut ini.

1. Kerusakan TV LED Changhong Backlight Inverter Protek

Salah satu kerusakan umum yang sering terjadi pada TV LED Changhong adalah proteksi pada backlight inverter. Gejala yang biasa terjadi adalah layar yang menjadi gelap setelah dinyalakan dengan adanya cahaya yang berkedip sesaat.

Saat diukur, terdapat kejanggalan pada primer dan sekunder travo backlight inverter di mana tegangan hanya terdeteksi sesaat lalu menjadi 0 volt.

Baca Juga:  Mengapa Siaran SCTV Hilang? Penyebab dan Solusi

Untuk mengatasi proteksi pada backlight inverter ini, kalian dapat mematikan sistem proteksi dengan melumpuhkan pin proteksi pada IC TL494C. Dengan melakukannya, backlight inverter akan kembali normal dan TV dapat menyala dengan baik.

2. Kerusakan TV LED Changhong Mesin Mendesis / Bunyi Ciii..t

Kerusakan lain yang sering terjadi adalah mesin mendesis atau terdengar bunyi “ciii..t” pada TV Changhong. Masalah ini biasanya disebabkan oleh regulator pada perangkat televisi yang mengalami kerusakan.

Regulator adalah sumber tegangan pada rangkaian mesin televisi yang bisa menyebabkan suara mendesis jika ada komponen yang rusak atau terjadi arus pendek.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat memutus jalur tegangan B+ Flyback pada TV. Jika suara mendesis hilang dan semua tegangan kembali normal, maka tidak ada masalah pada flyback.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba untuk melakukan solder ulang pada pin-pin B+ Flyback untuk memastikan bahwa flyback tidak bermasalah.

3. Kerusakan TV LED Changhong Mati Total

Salah satu masalah yang paling serius adalah ketika TV Changhong mati total. Penyebab utama dari masalah ini bisa bervariasi, mulai dari masalah pada power supply hingga kerusakan pada motherboard.

Jika TV Changhong kalian mengalami masalah ini, sebaiknya kalian memeriksakan ke ahli perbaikan karena membutuhkan penanganan yang lebih mendalam.

4. Kerusakan TV LED Changhong Mati Standby

Kerusakan lain yang sering terjadi adalah ketika TV Changhong mati dalam mode standby. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah pada power supply atau kerusakan komponen internal lainnya.

Baca Juga:  Siaran Indosiar Hilang - Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba untuk memeriksa tegangan pada power supply dan memastikan bahwa tidak ada komponen yang rusak.

Tips Membeli TV Changhong Agar Tidak Menyesal

Selain memperbaiki kerusakan pada TV Changhong, penting juga untuk memilih TV Changhong yang berkualitas agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti saat membeli TV Changhong:

  1. Cek Spesifikasi: Periksa spesifikasi TV Changhong yang ingin kalian beli, termasuk resolusi, ukuran layar, dan fitur-fitur lainnya. Pastikan sesuai dengan kebutuhan kalian.

  2. Baca Review: Cari tahu tentang pengalaman pengguna lain dengan TV Changhong yang kalian minati. Baca review online atau tanyakan kepada teman atau keluarga yang sudah menggunakan TV Changhong.

  3. Garansi: Pastikan TV Changhong yang kalian beli dilengkapi dengan garansi yang memadai. Hal ini bisa memberikan perlindungan tambahan jika terjadi kerusakan atau masalah lain dengan TV tersebut.

  4. Harga: Bandingkan harga TV Changhong dengan merek TV lain yang sejenis. Pastikan kalian mendapatkan harga yang kompetitif namun tetap dengan kualitas yang baik.

Dengan mengikuti tips ini, kalian dapat memilih TV Changhong yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa jenis kerusakan TV LED Changhong yang sering terjadi beserta penyebabnya.

Baca Juga:  Kode Remot TV Ichiko - Panduan Lengkap dan Cara Setting

Selain itu, kami juga telah memberikan tips dan langkah-langkah perbaikan yang dapat kalian coba. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan teliti saat melakukan perbaikan pada perangkat televisi, terutama karena televisi memiliki tegangan listrik tinggi.

Jika kalian tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, sebaiknya serahkan perbaikan pada teknisi yang berpengalaman. Dengan demikian, kalian dapat memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan aman dan benar.

Semoga informasi yang kami berikan dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian dalam memperbaiki kerusakan pada TV LED Changhong.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau pengalaman lain yang ingin kalian bagikan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *