Cara Setting Parabola Tanaka

Cara Setting Parabola Tanaka: Mudah dan Praktis

Front-tv.net – Parabola Tanaka adalah salah satu merek antena parabola yang sangat populer di Indonesia. Merek ini terkenal karena kualitasnya yang baik dan harga yang terjangkau.

Namun, banyak orang yang masih bingung tentang cara mengatur parabola Tanaka agar dapat menikmati siaran televisi berkualitas tinggi.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara setting parabola Tanaka untuk pemula.

Mengenai Parabola Tanaka

Cara Setting Parabola Tanaka

Sebelum membahas lebih lanjur mengani cara setting parabola Tanaka, penting untuk mengetahui apa itu parabola tanaka.

Parabola Tanaka merupakan salah satu merek antena parabola yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Merek ini populer karena kualitasnya yang baik dan juga harganya yang terjangkau.

Namun, bagi sebagian orang, mengatur parabola Tanaka masih menjadi hal yang membingungkan. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatur parabola Tanaka agar Anda dapat menikmati siaran televisi berkualitas tinggi.

Seri Receiver Tanaka

Berikut adalah beberapa jenis receiver Tanaka yang tersedia di pasaran:

  • Tanaka T 21 SKY Skynindo
  • Tanaka T 21 Wonder
  • Tanaka T 21 HD
  • Tanaka T 21 Digital HD
  • Tanaka T 21 Multi
  • Tanaka T 21 Vision HD Wonder
  • Tanaka T 21 Samurai
  • Tanaka T 21 Vision Yes TV
  • Tanaka T 21 Vision HD Wonder LAN
  • Tanaka T 21 New Jazz
  • Tanaka T 21 Champion HD
  • Tanaka T 21 BIG TV
  • Tanaka T 21 Sky
  • Tanaka T 21 Multi HD Ethernet Modem
  • Tanaka T 21 Samurai MPEG 4
  • Tanaka Premium HD
  • Tanaka Future HD
  • Tanaka T 28 Express
  • Tanaka T 28
  • Tanaka T 21 Sakura MPEG 4 SD
  • Tanaka T 21 Fuji MPEG 4 SD
  • Tanaka T 21 Theater
  • Tanaka T 21 Ninja
  • Tanaka T 21 Cable Solution
  • Tanaka T 21 Studio

Cara Setting Parabola Tanaka

Cara setting parabola Tanaka sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk mengatur parabola Tanaka agar Anda dapat menikmati siaran televisi dengan jernih dan berkualitas tinggi.

Baca Juga:  Receiver Tanaka - Fungsi dan Karakteristiknya Secara Lengkap

1. Posisikan Parabola dengan Benar

Langkah pertama dalam cara setting parabola Tanaka yang perlu Anda lakukan adalah memastikan parabola Tanaka terpasang dengan benar.

Pastikan parabola dipasang di tempat yang tinggi dan bebas dari hambatan seperti pohon atau bangunan. Selain itu, pastikan juga parabola menghadap arah yang benar sesuai dengan posisi satelit yang Anda gunakan.

2. Pasang LNB dengan Tepat

Setelah parabola terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah memasang LNB (Low Noise Block) pada parabola. Pastikan LNB terpasang dengan kokoh dan tidak goyang.

Selain itu, pastikan juga kabel yang menghubungkan LNB dengan receiver terpasang dengan baik dan tidak ada kabel yang putus atau rusak.

3. Sambungkan Receiver dengan Televisi

Setelah LNB terpasang dengan benar, langkah selanjutnya adalah menyambungkan receiver dengan televisi. Pastikan kabel HDMI atau kabel AV yang digunakan dalam kondisi baik dan terhubung dengan benar. Jika menggunakan kabel HDMI, pastikan juga televisi Anda mendukung fitur HDMI.

4. Setting Receiver

Setelah semua koneksi terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah melakukan setting pada receiver. Caranya adalah dengan menyalakan receiver dan mengikuti petunjuk pada layar televisi. Biasanya, Anda perlu melakukan scanning kanal untuk mencari saluran televisi yang tersedia.

5. Tambahkan Saluran Secara Otomatis atau Manual

Setelah melakukan scanning kanal, Anda dapat menambahkan saluran televisi secara otomatis atau manual. Jika Anda ingin menambahkan saluran secara otomatis, pilih opsi “scan otomatis” pada menu receiver.

Jika Anda ingin menambahkan saluran secara manual, Anda perlu memasukkan frekuensi, simbol rate, dan polaritas saluran yang ingin ditambahkan.

6. Membuat Daftar Channel

Setelah menambahkan saluran televisi, Anda dapat membuat daftar channel agar saluran-saluran tersebut tersusun dengan rapi.

Caranya adalah dengan memilih opsi “Channel List” pada menu receiver. Kemudian, Anda dapat mengedit nama-nama saluran dan mengatur urutan saluran sesuai dengan keinginan Anda.

7. Menambahkan Satelit Tambahan

Jika Anda ingin menambahkan satelit tambahan, Anda perlu melakukan setting pada receiver. Caranya adalah dengan memilih opsi “Edit Satelit” pada menu receiver. Kemudian, masukkan informasi mengenai satelit yang ingin ditambahkan, seperti frekuensi dan nama satelit.

8. Mencari Sinyal Parabola

Setelah semua cara setting parabola Tanaka selesai, langkah terakhir adalah mencari sinyal parabola. Pastikan receiver Anda sudah terhubung dengan antena parabola dan televisi.

Baca Juga:  Kode Siaran Bola Di Parabola : MPEG 2 & MPEG 4 Terbaru

Kemudian, lakukan scanning kanal untuk mencari sinyal parabola. Jika sinyal ditemukan, Anda dapat menikmati siaran televisi dengan jernih dan berkualitas tinggi.

Cara Setting Parabola Tanaka Tidak Ada Sinyal

Saat ini, parabola telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat Indonesia, berfungsi sebagai penyambung sinyal dari satelit ke receiver.

Jika terjadi kerusakan atau masalah, pengguna dapat melakukan perbaikan sendiri. Sebenarnya, cara setting parabola Tanaka tidak berbeda dengan jenis parabola lainnya. Informasi ini mungkin juga dapat diterapkan pada parabola lain.

Berikut adalah panduan langkah-langkah yang mudah, sehingga Anda dapat mencobanya sendiri di rumah:

  1. Posisikan parabola secara tepat sesuai arah satelit yang dituju.
  2. Sesuaikan sudut elevasi dan azimut parabola agar sesuai dengan spesifikasi satelit.
  3. Hubungkan kabel dari parabola ke receiver dengan benar.
  4. Nyalakan receiver dan televisi, lalu pilih saluran yang diinginkan.
  5. Atur parameters seperti frekuensi dan simbol rate sesuai dengan informasi satelit.
  6. Lakukan fine-tuning pada sudut elevasi dan azimut agar sinyal optimal.
  7. Pastikan semua koneksi kabel dalam kondisi baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara setting parabola Tanaka tidak ada sinyal tersebut, Anda dapat dengan mudah mengatur parabola Tanaka di rumah Anda sendiri.

Penyebab Receiver Tanaka Tidak Ada Sinyal

Beberapa penyebab receiver Tanaka tidak mendapatkan sinyal perlu Anda ketahui agar lebih mudah dalam penanganan masalah ketiadaan sinyal pada receiver.

1. Konektor Dari Parabola Ke Receiver Tidak Tersambung Dengan Sempurna

Salah satu penyebab hilangnya sinyal parabola adalah ketidaktersambungan parabola atau LNB dengan receiver. Tanda-tanda masalah ini termasuk intensitas sinyal pada layar TV yang menunjukkan 0.

Jika Anda menemui masalah ini, periksa konektor kabel yang menghubungkan LNB ke receiver. Pastikan konektor berada dalam kondisi yang baik, dan pastikan untuk memeriksa kabel antena juga.

2. Dseg atau switch mengalami kerusakan

Selain karena kerusakan konektor, hilangnya sinyal juga bisa disebabkan oleh kerusakan atau matinya Dseg atau switch. Dseg berfungsi sebagai pembagi sinyal dari LNB.

Tanda-tanda switch yang mengalami kerusakan meliputi intensitas sinyal yang kadang-kadang ada dan kadang-kadang hilang.

Jika mengalami masalah ini, Anda hanya perlu mengganti switch dengan yang baru. Dseg atau switch dapat Anda temukan di toko elektronik, baik secara langsung maupun daring, dan harganya tidak terlalu mahal.

Baca Juga:  Daftar Antena TV Digital Indoor Terbaik 2024

Pastikan switch yang Anda beli sejenis dengan yang digunakan pada LNB sebelumnya. Namun, jika Anda sudah mengganti switch dan sinyal parabola masih belum muncul, kemungkinan besar Dseg atau switch mengalami kerusakan.

Tanda lain dari kerusakan pada switch adalah adanya sinyal yang saling tarik-menarik. Sebagai contoh, sinyal dari satelit Palapa mungkin sangat bagus, tetapi untuk Telkom 4, sinyalnya tidak ada, atau sebaliknya.

3. Rusaknya LNB

Kerusakan pada LNB juga dapat menyebabkan hilangnya sinyal pada parabola. Tandanya adalah tidak ada sinyal yang terdeteksi sama sekali.

LNB merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penerima sinyal dan mengirimkannya ke receiver. Jika LNB mati dan dibiarkan, yang terburuk adalah dapat merusak receiver secara total. LNB dapat dibeli di toko elektronik dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Mengatur parabola Tanaka tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Pastikan parabola terpasang dengan benar, LNB terhubung dengan baik, receiver terhubung dengan televisi, dan melakukan setting pada receiver dengan benar.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan saluran televisi, membuat daftar channel, menambahkan satelit tambahan, dan mencari sinyal parabola.

Dengan mengikuti panduan cara setting parabola Tanaka ini, Anda dapat menikmati siaran televisi berkualitas tinggi dengan parabola Tanaka Anda.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen parabola Tanaka dan melakukan perawatan rutin agar parabola tetap berfungsi dengan baik. Selamat menikmati siaran televisi berkualitas tinggi dengan parabola Tanaka Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *