Cara Scan Barcode di TV

4 Cara Scan Barcode di TV

Front-tv.net – Apakah Anda pernah melihat kode QR atau barcode yang muncul di layar TV dan ingin memindainya menggunakan smartphone? Memindai barcode di TV melalui perangkat Android dan iPhone sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara scan barcode di TV yang dapat Anda ikuti untuk memindai barcode di TV menggunakan smartphone Anda.

Apa itu Barcode?

Cara Scan Barcode di TV

Sebelum kita membahas tentang cara scan barcode di TV, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu barcode. Barcode adalah susunan garis vertikal putih dan hitam dengan ketebalan yang berbeda-beda.

Barcode digunakan untuk menyimpan data-data spesifik seperti kode produksi, tanggal kedaluwarsa, atau nomor identitas.

Barcode dapat dibaca menggunakan alat yang disebut barcode reader. Ada dua jenis barcode yang umum digunakan, yaitu barcode 1D (one dimensional) dan barcode 2D (two dimensional).

Barcode 1D biasanya terdiri dari garis-garis vertikal yang mewakili angka atau karakter, sedangkan barcode 2D berupa kotak-kotak yang dapat menyimpan lebih banyak informasi.

Manfaat Barcode di TV

Barcode di TV memiliki berbagai manfaat, terutama dalam hal memudahkan akses informasi atau melakukan transaksi. Beberapa manfaat barcode di TV antara lain:

1. Mempercepat Proses Transaksi

Barcode di TV dapat digunakan untuk mempercepat proses transaksi, terutama dalam hal pembayaran atau pembelian produk. Dengan memindai barcode yang ditampilkan di layar TV, Anda dapat dengan mudah melakukan pembayaran atau pembelian melalui smartphone Anda.

2. Memudahkan Akses Informasi

Barcode di TV juga dapat digunakan untuk memudahkan akses informasi. Misalnya, Anda dapat memindai barcode yang muncul di layar TV untuk mengakses halaman web tertentu, melihat detail produk, atau mendapatkan informasi lainnya yang terkait dengan konten yang ditampilkan di TV.

Baca Juga:  Kumpulan Firmware TV Toshiba - Download Gratis dan Lengkap

3. Meningkatkan Interaksi dengan Pengguna

Penggunaan barcode di TV juga dapat meningkatkan interaksi antara pengguna dengan konten yang ditampilkan di TV. Dengan memindai barcode, pengguna dapat langsung terhubung dengan konten tambahan seperti video, artikel, atau promosi terkait.

Cara Scan Barcode di TV Menggunakan Smartphone Android

Jika Anda menggunakan smartphone Android, berikut adalah langkah-langkah cara scan barcode di TV menggunakan smartphone android yang dapat Anda ikuti:

1. Buka Aplikasi Kamera

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi kamera di smartphone Android Anda. Aplikasi kamera biasanya sudah terpasang secara default di setiap smartphone Android.

2. Arahkan Kamera ke Barcode di Layar TV

Setelah aplikasi kamera terbuka, arahkan kamera smartphone Anda ke barcode yang ditampilkan di layar TV. Pastikan barcode berada dalam jangkauan fokus kamera untuk memastikan pemindaian yang akurat.

3. Tunggu hingga Barcode Terdeteksi

Setelah kamera terarahkan ke barcode di layar TV, tunggu beberapa saat hingga aplikasi kamera mendeteksi barcode. Biasanya, aplikasi kamera akan memberikan tanda atau suara notifikasi ketika barcode berhasil terdeteksi.

4. Buka Konten atau Aplikasi Terkait

Setelah barcode berhasil terdeteksi, Anda dapat membuka konten atau aplikasi terkait yang muncul setelah memindai barcode. Misalnya, jika barcode terkait dengan sebuah produk, Anda dapat langsung diarahkan ke halaman pembelian produk tersebut.

Cara Scan Barcode di TV Menggunakan Smartphone iPhone

Bagi pengguna iPhone, berikut adalah langkah-langkah cara scan barcode di TV menggunakan iPhone yang dapat Anda ikuti:

1. Buka Aplikasi Kamera

Seperti pada smartphone Android, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi kamera di iPhone Anda. Aplikasi kamera sudah tersedia secara default pada setiap iPhone.

2. Arahkan Kamera ke Barcode di Layar TV

Setelah aplikasi kamera terbuka, arahkan kamera iPhone Anda ke barcode yang ditampilkan di layar TV. Pastikan barcode berada dalam jangkauan fokus kamera untuk memastikan pemindaian yang akurat.

3. Tunggu hingga Barcode Terdeteksi

Setelah kamera terarahkan ke barcode di layar TV, tunggu beberapa saat hingga aplikasi kamera mendeteksi barcode. Layar iPhone Anda akan menampilkan tanda atau notifikasi ketika barcode berhasil terdeteksi.

4. Buka Konten atau Aplikasi Terkait

Setelah barcode berhasil terdeteksi, Anda dapat membuka konten atau aplikasi terkait yang muncul setelah memindai barcode. Misalnya, jika barcode terkait dengan sebuah produk, Anda dapat langsung diarahkan ke halaman pembelian produk tersebut.

Baca Juga:  Jadwal Liga Inggris Pekan 13 Live SCTV : Hasil, Top Skor & Klasemen

Cara Scan Barcode di TV Barcode di TV Melalui Google

Selain dua metode cara scan barcode di TV sebelumnya, Anda juga dapat melakukan pemindaian kode batang di TV secara online tanpa perlu menambahkan aplikasi tambahan. Caranya adalah dengan langsung menggunakan peramban (browser) yang terdapat pada perangkat ponsel Anda.

Bagi pengguna HP Android, mungkin dapat menggunakan Google Chrome, sementara pengguna iPhone dapat menggunakan peramban Safari. Proses pemindaian sendiri cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mulailah dengan membuka aplikasi peramban di ponsel Anda.
  • Setelah itu, kunjungi situs web QR di https://webqr.com.
  • Aktifkan fitur kamera dengan mengklik “Allow”. Arahkan kamera ke barcode atau kode QR di TV yang ingin Anda pindai.
  • Maka akan muncul tautan untuk barcode atau kode QR tersebut.
  • Klik tautan tersebut untuk membukanya atau mengaksesnya.

Cara Scan Barcode di HP Android Memakai Google Assistant

Pengguna Android juga dapat memanfaatkan salah satu fitur dari Google Assistant, yaitu Google Lens, untuk memindai barcode dan QR code. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Assistant di perangkat Android Anda.
  • Aktifkan Google Assistant dengan menekan tombol Home Android selama beberapa detik atau dengan menggunakan perintah suara “OK Google”.
  • Jika pop-up Google Assistant muncul, klik ikon Google Lens, lalu aktifkan izin kamera untuk Google Lens dengan mengklik Allow.
  • Selanjutnya, arahkan kamera Google Lens ke barcode atau QR code yang ingin Anda pindai. Jika Anda akan memindai barcode di TV, pastikan gambar tayangan tersebut jelas dan tidak kabur.

Tips Scan Barcode di TV

Berikut adalah tips cara memindai barcode di TV:

  1. Pilih Metode Scan: Tentukan metode pemindaian yang ingin Anda gunakan, apakah melalui aplikasi pihak ketiga, situs web QR, atau fitur seperti Google Lens.
  2. Persiapkan Perangkat: Pastikan perangkat Anda telah siap untuk melakukan pemindaian, baik itu menggunakan aplikasi khusus, browser, atau fitur bawaan seperti Google Lens.
  3. Pastikan Kualitas Gambar: Sebelum memindai, pastikan tayangan barcode di TV jelas dan tidak kabur. Kualitas gambar yang baik dapat memudahkan proses pemindaian.
  4. Aktifkan Kamera dengan Izin: Jika Anda menggunakan aplikasi atau fitur kamera, pastikan izin kamera diaktifkan. Izinkan aplikasi atau fitur tersebut mengakses kamera perangkat Anda.
  5. Ikuti Panduan Langkah-langkah: Ikuti langkah-langkah yang disarankan untuk metode pemindaian yang Anda pilih. Bisa melibatkan membuka aplikasi, mengunjungi situs web QR, atau mengaktifkan fitur kamera pada Google Assistant.
  6. Pastikan Koneksi Stabil: Pastikan koneksi internet stabil, terutama jika pemindaian melibatkan akses online. Ini dapat memastikan informasi yang diperoleh dari barcode dapat diakses dengan lancar.
  7. Cek Ketersediaan Fitur Pada Perangkat: Periksa apakah perangkat Anda mendukung fitur-fitur seperti Google Lens atau aplikasi khusus pemindai barcode. Beberapa perangkat mungkin memiliki fitur bawaan yang dapat memudahkan proses pemindaian.
  8. Perhatikan Tampilan Hasil: Setelah pemindaian selesai, perhatikan hasil yang muncul. Pastikan untuk membaca informasi yang diberikan atau mengikuti petunjuk selanjutnya sesuai kebutuhan.
Baca Juga:  Harga TV LED 42 Inch Terbaru - Semua Merk

Dengan mengikuti tips cara scan barcode di TV ini, diharapkan Anda dapat dengan mudah dan efektif melakukan pemindaian barcode di TV sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan Front-tv.net mengenai cara scan barcode di TV dengan beberapa metode yang dapat kalian ikuti. Memindai barcode di TV menggunakan smartphone Android atau iPhone sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara scan barcode di TV yang telah kami jelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah memindai barcode yang ditampilkan di layar TV untuk mengakses informasi atau melakukan transaksi.

Barcode di TV tidak hanya memudahkan akses informasi, tetapi juga meningkatkan interaksi pengguna dengan konten yang ditampilkan di TV. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memindai barcode di TV menggunakan smartphone Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *