cara menjadikan hp sebagai remote tv tanpa infrared
cara menjadikan hp sebagai remote tv tanpa infrared

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV Tanpa Infrared (Mudah & Praktis)

Front-tv.net – Di era smartphone saat ini, ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat multifungsi yang dapat menggantikan banyak perangkat lain. Salah satu kemampuan yang menarik adalah mengubah HP kalian menjadi remote TV.

Meskipun kebanyakan ponsel modern dilengkapi dengan sensor infrared untuk penggunaan remote TV, ada cara untuk mengontrol TV kalian bahkan jika ponsel kalian tidak memiliki fitur ini.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared. Kami akan membahas berbagai aplikasi yang dapat kalian gunakan dan langkah-langkahnya. Dengan panduan ini, kalian akan dapat mengontrol TV kalian dengan mudah menggunakan ponsel kalian.

Mengenal Infrared dan Alternatifnya

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared, mari kita pahami apa itu infrared. Infrared adalah teknologi yang digunakan dalam remote TV untuk mengirimkan sinyal ke perangkat TV.

Namun, beberapa HP tidak dilengkapi dengan sensor infrared. Jadi, jika HP kalian tidak memiliki infrared, kalian perlu mencari alternatif lain untuk mengontrol TV kalian.

Menggunakan Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared

Pertama-tama, cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared, kalian perlu menginstal aplikasi remote TV khusus yang tidak memerlukan sensor infrared. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan:

  1. Aplikasi Remote TV Samsung Smart View: Aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna smartphone Samsung. Kalian dapat menggunakannya sebagai remote untuk TV pintar Samsung. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak cocok untuk TV tabung atau TV lama.

  2. Aplikasi Smart TV Remote: Aplikasi ini mendukung penggunaan remote TV melalui koneksi Wi-Fi. Kalian dapat menghubungkan HP Anda dengan TV melalui jaringan Wi-Fi dan mengontrolnya menggunakan aplikasi ini.

  3. Aplikasi Remote LG TV Plus: Jika kalian memiliki TV merk LG, aplikasi ini akan sangat berguna. Pastikan HP kalian menggunakan Android versi 6.0 atau yang lebih baru.

  4. Remote TV Universal ZaZa Remote: Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi remote TV terbaik yang bisa digunakan untuk mengontrol TV, DVD, AC, kamera DSLR, hingga proyektor. Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna smartphone Android.

Cara Menjadikan HP sebagai Remote TV Tanpa Infrared

Setelah kalian menginstal aplikasi remote TV tanpa infrared yang sesuai dengan HP kalian, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi: Buka Google Play Store atau Apple App Store, cari aplikasi remote TV tanpa infrared yang kalian pilih, dan unduh serta instal aplikasi tersebut di HP kalian.

  2. Langkah 2: Buka Aplikasi: Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut di HP kalian.

  3. Langkah 3: Tambahkan Perangkat TV: Di dalam aplikasi, cari ikon menu yang biasanya terletak di pojok kiri atas layar. Ketuk ikon tersebut, lalu pilih opsi “Tambahkan Perangkat” atau “Tambahkan Remote”.

  4. Langkah 4: Pilih Jenis Perangkat: Pada layar selanjutnya, pilih jenis perangkat TV yang ingin kalian kontrol menggunakan HP kalian. Misalnya, TV, DVD, atau AC.

  5. Langkah 5: Pilih Merek Perangkat: Setelah memilih jenis perangkat, aplikasi akan menampilkan daftar merek perangkat yang dapat kalian pilih. Cari dan pilih merek TV yang sesuai dengan TV kalian.

  6. Langkah 6: Mulai Mengontrol: Setelah memilih merek TV, aplikasi akan menampilkan antarmuka remote TV di layar HP kalian. Kalian dapat menggunakan tombol virtual di layar untuk mengontrol TV kalian seperti mengubah saluran, mengatur volume, dan lainnya.

  7. Langkah 7: Menyalakan TV: Jika TV kalian tidak merespons saat kalian menekan tombol power, coba pilih opsi “No Response” dan tekan tombol power lagi. Jika TV kalian merespons, pilih opsi “Has Response” untuk menyelesaikan proses pengaturan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared

Menggunakan aplikasi remote TV tanpa infrared memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Tidak perlu mencari-cari remote TV yang hilang atau rusak.
  2. Dapat mengontrol TV dengan mudah melalui HP yang selalu ada di saku.
  3. Bisa mengontrol TV dari jarak yang lebih jauh tanpa harus berada di dekat TV.
  4. Memiliki fitur tambahan seperti panduan TV dan rekomendasi acara TV, tergantung dari aplikasi yang digunakan.

Pertanyaan Umum

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar penggunaan HP sebagai remote TV tanpa infrared:

  1. Apakah semua HP dapat diubah menjadi remote TV tanpa infrared? Tidak semua HP dapat diubah menjadi remote TV tanpa infrared.

    Beberapa HP tidak dilengkapi dengan fitur yang diperlukan untuk mengontrol TV. Namun, ada beberapa alternatif lain seperti menggunakan jaringan Wi-Fi atau aplikasi remote TV yang kompatibel dengan HP kalian.

  2. Apakah semua aplikasi remote TV dapat digunakan dengan semua merek TV? Tidak semua aplikasi remote TV dapat digunakan dengan semua merek TV.

    Beberapa aplikasi mungkin hanya kompatibel dengan merek tertentu. Pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan merek TV kalian.

  3. Apakah aplikasi remote TV tanpa infrared gratis? Banyak aplikasi remote TV tanpa infrared yang tersedia secara gratis. Namun, beberapa aplikasi mungkin memiliki versi berbayar dengan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Kesimpulan

Demikian pembahasan Front-tv.net mengenai cara menjadikan hp sebagai remote tv tanpa infrared. Mengubah HP kalian menjadi remote TV tanpa infrared dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi remote TV yang tersedia.

Baca Juga:  Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp 2024

Meskipun ponsel kalian tidak dilengkapi dengan sensor infrared, kalian masih dapat mengontrol TV kalian dengan nyaman menggunakan ponsel kalian.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, kalian dapat mengontrol TV kalian dengan mudah dan praktis.

Jadi, jika kalian kehilangan remote TV atau ingin menggunakan ponsel kalian sebagai pengganti remote, coba aplikasi remote TV tanpa infrared ini dan nikmati pengalaman baru yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *