cara paralel tv kabel
cara paralel tv kabel

Cara Paralel TV Kabel – Menghubungkan Beberapa TV dengan Satu Sumber Kabel

Front-tv.net – Dalam era digital saat ini, menonton televisi adalah salah satu hiburan utama bagi banyak orang. Namun, seringkali terjadi situasi di mana anggota keluarga ingin menonton program televisi yang berbeda pada saat yang sama.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi masalah ini dengan menghubungkan beberapa TV ke satu sumber kabel. Proses ini dikenal sebagai “paralel TV kabel” dan dalam artikel ini, kita akan membahas cara paralel TV kabel dengan mudah dan praktis.

Manfaat Berlangganan TV Kabel

cara paralel tv kabel

Sebelum kita mempelajari cara paralel TV kabel, penting untuk memahami manfaat berlangganan TV kabel.

Berlangganan TV kabel memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan berlangganan TV kabel:

  1. Jumlah Channel yang Variatif: Dengan berlangganan TV kabel, kalian akan memiliki akses ke berbagai macam saluran, baik itu saluran nasional maupun internasional. Kalian dapat menikmati tayangan yang bervariasi, seperti film, kartun, variety show, berita, dan banyak lagi.

  2. Jumlah Iklan yang Terbatas: Salah satu keuntungan berlangganan TV kabel adalah jumlah iklan yang lebih sedikit dibandingkan dengan TV gratis. Kalian dapat menonton tayangan tanpa gangguan iklan yang berlebihan.

  3. Update Acara Terbaru: Dengan berlangganan TV kabel, kalian akan selalu mendapatkan update acara terbaru. Kalian tidak perlu khawatir ketinggalan berita atau acara favorit kalian.

  4. Jangkauan Internasional: TV kabel juga menawarkan saluran internasional yang dapat memberikan kalian pilihan acara yang lebih menarik dan beragam.

  5. Kualitas Gambar yang Baik: Dengan berlangganan TV kabel, kalian dapat menikmati tayangan dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam.

Pengenalan tentang TV Kabel

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara paralel tv kabel, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu TV kabel. TV kabel adalah sistem penyiaran acara televisi melalui isyarat frekuensi radio yang dipancarkan melalui serat optik atau kabel coaxial.

Baca Juga:  Review Polytron Cinemax Smart Soundbar - Pilihan Tepat!

Berbeda dengan siaran televisi biasa yang ditangkap melalui antena, televisi kabel tidak menggunakan udara sebagai media transmisinya. Selain siaran televisi, kabel ini juga dapat menyampaikan acara radio FM, internet, dan telepon.

TV kabel umumnya dapat ditemukan di berbagai negara seperti Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan, dan Timur Tengah.

Namun, popularitas TV kabel di Afrika tidak sebesar di negara-negara lainnya karena kepadatan penduduk yang rendah di beberapa daerah.

Sistem TV kabel modern menggunakan teknologi digital untuk menyiarkan lebih banyak saluran televisi dibandingkan dengan sistem analog.

Dalam sistem kabel, sinyal televisi dapat melewati beberapa penguat sinyal sebelum mencapai rumah kalian. Namun, masalah seperti gangguan dan distorsi dapat memengaruhi kualitas gambar.

Untuk itu, sistem kabel terus mengembangkan teknologinya untuk menghadirkan tayangan berkualitas kepada pelanggannya.

Cara Paralel TV Kabel dengan Splitter

Salah satu cara yang paling umum cara paralel TV kabel adalah dengan menggunakan alat yang disebut “Splitter”. Splitter adalah perangkat yang membagi sinyal dari satu kabel menjadi dua atau lebih, sehingga memungkinkan kalian menghubungkan beberapa TV ke satu sumber kabel.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan paralel TV kabel dengan menggunakan Splitter:

  1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan: Untuk melakukan paralel TV kabel dengan Splitter, kalian akan membutuhkan Splitter, konektor, dan kabel coaxial. Pastikan kalian memiliki semua peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses ini.

  2. Hubungkan Kabel Coaxial dari LNB ke Splitter: Pertama, hubungkan kabel coaxial dari LNB (Low Noise Block) ke port input pada Splitter. LNB adalah perangkat yang digunakan untuk mengarahkan sinyal televisi dari satelit ke receiver.

  3. Hubungkan Kabel Coaxial dari Splitter ke Masing-Masing Receiver: Selanjutnya, hubungkan kabel coaxial dari port output pada Splitter ke masing-masing receiver. Pastikan setiap receiver terhubung dengan baik ke Splitter.

  4. Nyalakan TV dan Receiver: Setelah semua koneksi terhubung dengan benar, nyalakan TV dan receiver. kalian sekarang dapat menonton acara favorit kalian pada masing-masing TV yang terhubung ke Splitter.

Penting untuk diingat bahwa saat menggunakan Splitter untuk menghubungkan beberapa TV, perangkat televisi kedua hanya dapat menonton saluran yang sama dengan polarisasi yang sama dengan televisi pertama. Selain itu, pastikan kabel coaxial yang digunakan tidak terlalu panjang, agar fungsi Splitter tetap optimal.

Baca Juga:  Cara Menonton Siaran Ulang TV - Gratis!

Cara Paralel TV Kabel dengan LNB Dual Out

Selain menggunakan Splitter, kalian juga dapat melakukan cara paralel TV kabel dengan menggunakan LNB Dual Out. LNB Dual Out adalah perangkat LNB yang memiliki dua output murni, dengan masing-masing output memiliki polaritas vertikal dan horizontal sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan paralel TV kabel dengan menggunakan LNB Dual Out:

  1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan: Untuk melakukan paralel TV kabel dengan LNB Dual Out, kalian akan membutuhkan LNB Dual Out, receiver, dan kabel coaxial. Pastikan kalian memiliki semua peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses ini.

  2. Hubungkan Kabel Coaxial dari LNB ke Masing-Masing Receiver: Pertama, hubungkan kabel coaxial dari LNB Dual Out ke masing-masing receiver. Pastikan setiap receiver terhubung dengan baik ke LNB Dual Out.

  3. Nyalakan TV dan Receiver: Setelah semua koneksi terhubung dengan benar, nyalakan TV dan receiver. kalian sekarang dapat menonton acara favorit kalian pada masing-masing TV yang terhubung ke LNB Dual Out.

Dengan menggunakan LNB Dual Out, setiap receiver akan langsung menerima sinyal dari output LNB. Jika kalian menggunakan lebih dari satu LNB, kalian dapat menggabungkannya dengan menggunakan perangkat yang disebut Diseq 1.0 untuk setiap receiver.

Tips dan Trik cara Paralel TV Kabel yang Sukses

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, ada beberapa tips dan trik yang dapat kalian ikuti untuk meningkatkan kesuksesan paralel TV kabel. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kalian perhatikan:

  1. Pastikan Kualitas Kabel Coaxial yang Baik: Kualitas kabel coaxial sangat penting dalam menjaga kualitas gambar yang baik pada setiap TV yang terhubung. Pastikan kalian menggunakan kabel coaxial yang berkualitas dan tidak rusak.

  2. Periksa Koneksi Secara Berkala: Selalu periksa koneksi kabel coaxial secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada kabel yang lepas atau rusak. Koneksi yang buruk dapat mempengaruhi kualitas gambar pada TV yang terhubung.

  3. Gunakan Kabel dengan Panjang yang Sesuai: Pastikan kalian menggunakan kabel coaxial dengan panjang yang sesuai dengan jarak antara TV dan sumber kabel. Kabel yang terlalu panjang dapat menyebabkan penurunan kualitas sinyal.

  4. Pilih LNB dan Splitter yang Berkualitas: Pilihlah LNB dan Splitter yang berkualitas baik untuk memastikan kualitas sinyal yang optimal.

  5. Perhatikan Kendala Polaritas: Jika menggunakan LNB Dual Out, perhatikan bahwa setiap TV hanya dapat menonton saluran dengan polaritas yang sama. Pastikan untuk memilih saluran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing TV.

Kesimpulan

Demikian pembahasan Front-tv.net mengenai cara paralel tv kabel. Menghubungkan beberapa TV dengan satu sumber kabel merupakan solusi praktis untuk mengatasi situasi di mana anggota keluarga ingin menonton program televisi yang berbeda pada saat yang sama.

Baca Juga:  Cara Setting TV Polytron - Mudah dan Praktis

Dalam artikel ini, kami telah membahas dua cara umum untuk melakukan paralel TV kabel, yaitu menggunakan Splitter dan LNB Dual Out. Setiap metode memiliki langkah-langkah yang sederhana dan mudah diikuti.

Dengan mengikuti panduan yang diberikan dan mengikuti tips dan trik yang disebutkan, kaliandapat dengan sukses melakukan paralel TV kabel di rumah kalian. Nikmati acara favorit kalian tanpa perlu berebutan TV lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *