Siaran Mentari TV Hilang

Cara Mencari Siaran Mentari TV Hilang

Front-tv.net – Apakah Anda mengalami masalah siaran televisi Mentari TV yang tiba-tiba hilang? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mencari siaran Mentari TV hilang dengan mudah dan praktis.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita kenali terlebih dahulu tentang Mentari TV dan alasan mengapa siarannya bisa hilang.

Mengenal Mentari TV

Mentari TV merupakan salah satu saluran televisi terestrial digital swasta nasional di Indonesia yang diluncurkan pada awal Januari 2021.

Saluran ini dimiliki oleh Elang Mustika Teknologi (EMTEK) dan memiliki target pemirsa anak-anak usia 5-14 tahun serta ibu-ibu.

Mentari TV menawarkan program acara yang menghibur, mendidik, dan menginspirasi anak-anak untuk berprestasi dalam berbagai bidang.

Pada awalnya, Mentari TV hanya tersedia di beberapa daerah di luar Jakarta dan kemudian diperluas ke wilayah-wilayah lain yang terdapat multipleks milik SCM, seperti Medan, Jabodetabek, dan Bandung.

Pada akhir tahun 2021, Mentari TV secara resmi diperkenalkan ke publik melalui vidio.com, situs streaming milik SCM.

Penyebab Siaran Mentari TV Hilang

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan siaran Mentari TV hilang. Salah satunya adalah perpindahan sistem penyiaran dari analog ke digital yang sedang dilakukan di Indonesia.

Baca Juga:  Pahami! Perbedaan TV Analog dengan TV Digital

Proses migrasi ini menyebabkan saluran televisi mengubah sistem penyiarannya menjadi digital dengan mengubah frekuensinya. Selain itu, masih ada beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan siaran Mentari TV hilang, antara lain:

1. Penyebab Mentari TV Hilang Pada TV Digital

Pada terestrial digital, siaran Mentari TV hilang pada TV digital dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Daerah atau wilayah tempat tinggal yang belum terjangkau atau sinyal siaran digital masih lemah.
  • Kualitas antena TV yang kurang baik.
  • Arah antena yang kurang tepat.
  • Kabel antena yang rapuh atau rusak.
  • Sambungan atau colokan antena yang berkarat.

2. Penyebab Mentari TV Hilang Pada Parabola (TV Satelit)

Selain pada TV digital, siaran Mentari TV juga sering hilang pada pengguna TV satelit atau parabola. Beberapa faktor penyebabnya antara lain:

  • Migrasi satelit yang dilakukan oleh Mentari TV.
  • Perubahan frekuensi Mentari TV.
  • Faktor cuaca buruk seperti hujan dan angin.
  • Proses tracking satelit yang belum selesai.

Cara Mencari dan Mengembalikan Siaran Mentari TV Hilang

Jika Anda mengalami masalah siaran Mentari TV yang hilang, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencari dan mengembalikan siarannya.

1. Mengembalikan Siaran Mentari TV Hilang Pada TV Digital

Jika Anda menggunakan TV digital atau Set Top Box (STB), Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mencari dan mengembalikan siaran Mentari TV yang hilang:

  1. Pastikan kualitas sinyal digital di lokasi tempat tinggal Anda. Anda dapat melakukannya dengan memeriksa kekuatan sinyal atau menggunakan fitur pencarian saluran pada TV atau STB Anda.
  2. Periksa kualitas antena TV Anda. Pastikan antena dalam kondisi baik dan tidak rusak.
  3. Pastikan arah antena yang tepat. Anda dapat menggunakan kompas atau bantuan aplikasi peta untuk menentukan arah yang benar.
  4. Periksa kabel antena. Pastikan kabel tidak rusak atau terputus.
  5. Periksa sambungan atau colokan antena. Pastikan tidak ada karat atau korosi pada sambungan tersebut.
Baca Juga:  2 Cara Update Firmware TV LG - Mudah dan Cepat

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas siaran Mentari TV masih belum muncul, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikutnya.

2. Mengembalikan Siaran Mentari TV Pada Parabola

Jika Anda menggunakan parabola atau TV satelit, berikut adalah langkah-langkah untuk mencari dan mengembalikan siaran Mentari TV yang hilang:

a. Cara Manual

  1. Pastikan parabola Anda terpasang dengan benar dan menghadap ke arah satelit yang tepat. Anda dapat mencari informasi mengenai arah satelit Mentari TV pada panduan parabola atau melalui situs web penyedia informasi satelit.
  2. Periksa kabel yang menghubungkan antena parabola dan receiver. Pastikan kabel tidak rusak dan terhubung dengan baik.
  3. Pada menu pengaturan receiver, cari opsi untuk melakukan pencarian saluran atau pemindaian otomatis. Pilih opsi tersebut dan tunggu proses pencarian saluran selesai.
  4. Setelah proses pencarian selesai, Mentari TV akan muncul pada daftar saluran yang ditemukan. Pilih dan simpan saluran tersebut.

b. Cara Blind Scan

  1. Pastikan parabola Anda terpasang dengan benar dan menghadap ke arah satelit yang tepat.
  2. Pada menu pengaturan receiver, cari opsi untuk melakukan pencarian saluran dengan metode blind scan. Pilih opsi tersebut dan tunggu proses pencarian saluran selesai.
  3. Setelah proses pencarian selesai, Mentari TV akan muncul pada daftar saluran yang ditemukan. Pilih dan simpan saluran tersebut.
Baca Juga:  Kode Remot TV Samsung Tabung, LCD, LED Universal

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara mencari siaran Mentari TV yang hilang dengan mudah dan praktis. Jika Anda mengalami masalah siaran yang hilang, pastikan untuk memeriksa kualitas sinyal, kondisi antena, arah antena, kabel antena, dan sambungan antena. Jika masih belum berhasil, Anda dapat mencoba langkah-langkah mengembalikan siaran Mentari TV pada TV digital atau parabola. Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan Anda dapat menikmati kembali siaran Mentari TV tanpa masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *