Frekuensi RTV Telkom 4

Frekuensi RTV Telkom 4 Terbaru 2024: MPEG-2 dan MPEG-4

Front-tv.net – Dalam era digital saat ini, televisi tetap menjadi salah satu medium yang tak lekang oleh waktu. Salah satu stasiun televisi yang telah berhasil menembus pasar dengan program-program menariknya adalah Rajawali Televisi (RTV).

Keberhasilan RTV tidak hanya terletak pada konten-kontennya yang berkualitas, tetapi juga pada teknologi yang mendukung transmisinya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas frekuensi terbaru RTV Telkom 4, baik untuk MPEG-2 maupun MPEG-4.. Frekuensi ini menjadi kunci dalam menyampaikan siaran RTV kepada pemirsa di berbagai penjuru tanah air.

Mari kita eksplor lebih dalam mengenai peran penting frekuensi RTV Telkom 4 dan dampaknya terhadap penyebaran konten televisi yang semakin meluas.

Mengenal RTV

Frekuensi RTV Telkom 4

Sebelum ke pembahasan frekuensi RTV Telkom 4, kami akan memberi informasi lngkap tentang apa itu RTV. Rajawali Televisi, atau biasa disingkat RTV, merupakan jaringan televisi swasta nasional di Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Rajawali Corpora yang didirikan oleh Sofia Koswara.

RTV pertama kali diluncurkan pada 1 Oktober 2009 dengan nama B-Channel, dan kemudian pada 3 Mei 2014, B-Channel mengubah namanya menjadi RTV.

Pada mulanya, RTV melakukan siaran melalui stasiun televisi lokal asal Jakarta yang bernama B-Channel, yang pertama kali melakukan percobaan pada tahun 2007.

Stasiun B-Channel secara efektif mulai beroperasi sejak 20 Oktober 2008. Kehadiran stasiun televisi ini diumumkan kepada publik dalam sebuah forum diskusi setahun kemudian, tepatnya pada 29 Oktober 2009.

Beberapa hari menjelang, stasiun B-Channel resmi mulai bersiaran pada tanggal 1 November 2009, dengan cakupan hanya di wilayah Jawa, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pada saat itu, stasiun televisi ini menargetkan program yang bersifat ramah keluarga, ditujukan untuk anak-anak, dan berbasis edukasi.

Baca Juga:  Ini Dia Review MNC Vision vs K Vision

Setelah hampir lima tahun, nama baru stasiun B-Channel diumumkan kepada publik dalam konferensi pers pada tanggal 28 April 2014, yaitu RTV.

Pada 3 Mei 2014, nama dan logo RTV diperkenalkan kepada seluruh pemirsa melalui siaran perdana Lensa Indonesia. Berbeda dengan B-Channel yang lebih fokus pada program impor, RTV mengalami perubahan dan pembaruan dengan fokus yang lebih pada konten edukatif. Siaran RTV lebih banyak menampilkan acara lokal dan produksi in-house daripada program impor.

Saat ini, RTV lebih mengutamakan program hiburan, khususnya animasi yang sesuai untuk anak-anak. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan berbagai liputan terbaru mengenai peristiwa-peristiwa terkini.

Stasiun televisi ini memiliki fokus pasar pada penonton perempuan dan anak-anak, dengan sekitar 60% lebih dominan untuk program anak-anak dan penonton perempuan.

Sementara itu, kantor pusat RTV berlokasi di Jl. Thamrin Boulevard, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Logo RTV merupakan simbol visi kekuatan dalam mendorong kemajuan industri pertelevisian Indonesia.

Di sisi lain, nama “Rajawali” mencerminkan kekuatan hewan yang terbang tinggi, yaitu burung Rajawali. Nama “Rajawali Corpora” dipilih setelah mantan direktur utama, Maria Goretti Limi, menjalin kerjasama dengan agensi penjenamaan pada awal tahun 2014.

Frekuensi RTV Telkom 4

RTV adalah salah satu stasiun TV swasta terkemuka di Indonesia. Dulunya dikenal sebagai B-Channel sejak diluncurkan pada tahun 2009, stasiun ini kemudian berganti nama menjadi RTV pada tahun 2014.

RTV dikenal dengan program-programnya yang beragam, termasuk drama Korea (Drakor) dan serial anak-anak seperti BoBoiBoy, Tayo, Ultraman, Tobot, Power Rangers, dan Kamen Rider.

Perubahan Frekuensi Saluran TV di Indonesia

Terkait dengan peralihan sistem penyiaran dari siaran analog ke TV digital yang sedang dijalani oleh Indonesia, terjadi perubahan frekuensi saluran TV di Indonesia.

Hampir seluruh saluran TV di Indonesia telah bermigrasi ke satelit Telkom 4, termasuk RTV. Dalam artikel ini, kita akan membahas frekuensi terbaru RTV di satelit Telkom 4.

Cara Mencari Siaran RTV Telkom 4

Kadang-kadang, frekuensi RTV Telkom 4 bisa menghilang karena berbagai faktor. Ketika menghadapi situasi tersebut, tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan pencarian siaran RTV secara manual dengan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol “Menu” pada remote.
  2. Arahkan ke bagian menu yang biasa digunakan untuk mencari frekuensi TV.
  3. Atur frekuensi RTV dengan memasukkan kode transporter sesuai frekuensi, misalnya frekuensi RTV dengan kode transporter 3949.
  4. Selanjutnya, masukkan symbol rate dari frekuensi yang digunakan, yaitu 4333.
  5. Jika berhasil menemukan siaran tersebut, simpan dan kunci.
  6. Selesai, saluran RTV sekarang dapat ditonton.
Baca Juga:  Nex Parabola vs K Vision: Mana Yang Terbaik Nih

Frekuensi RTV Telkom 4 Terbaru

Pada tanggal 22 Januari 2024, RTV mengumumkan bahwa mereka akan bersiaran dengan kualitas HD di satelit Telkom 4. Frekuensi RTV satelit Telkom 4 dengan format HD adalah sebagai berikut:

  • Satelit: Telkom 4
  • Transponder: 3949 V 4333
  • Frekuensi: 3949 Mhz
  • Polarisasi: Vertikal
  • Symbol Rate: 4333 Msyb
  • FEC: 3/5
  • Video Format: H264/HD
  • Modulation: DVBS2 8 PSK

Frekuensi RTV MPEG-2 Telkom 4

Untuk menikmati siaran RTV dengan format MPEG-2, Anda perlu menyesuaikan receiver atau decoder yang Anda gunakan. Berikut adalah detail frekuensi RTV MPEG-2 di Telkom 4:

  • Nama Channel: Rajawali TV
  • Satelit: Telkom 4
  • Posisi: 108.0°E
  • Transponder: 3949 V 4333
  • Frekuensi: 3949 Mhz
  • Polarisasi: Vertikal
  • Symbol Rate: 4333 KS/s
  • SID: 1
  • Video Format: MPEG-2 SD
  • VPID: 512
  • APID: 4112

Frekuensi RTV MPEG-4 Telkom 4

Selain MPEG-2, RTV juga tersedia dalam format MPEG-4 untuk pengguna receiver atau decoder yang mendukungnya. Berikut adalah detail frekuensi RTV MPEG-4 di Telkom 4:

  • Nama Channel: Rajawali TV
  • Satelit: Telkom 4
  • Posisi: 108.0°E
  • Transponder: 3949 V 4333
  • Frekuensi: 3949 Mhz
  • Polarisasi: Vertikal
  • Symbol Rate: 4333 KS/s
  • SID: 1
  • Video Format: MPEG-4 SD
  • VPID: 512
  • APID: 4112

Cara Mengakses Frekuensi RTV Terbaru

Untuk menikmati siaran RTV dengan frekuensi terbaru di Telkom 4, Anda perlu memastikan bahwa receiver atau decoder Anda mendukung format MPEG-2 atau MPEG-4. Jika receiver Anda tidak kompatibel, Anda mungkin perlu meng-upgrade perangkat Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses frekuensi RTV terbaru di Telkom 4:

  1. Pastikan receiver atau decoder Anda terhubung dengan antena parabola yang mengarah ke satelit Telkom 4.
  2. Buka menu pengaturan pada receiver Anda.
  3. Pilih opsi “Pencarian Saluran” atau “Scan”.
  4. Pilih satelit Telkom 4.
  5. Pilih opsi “Auto Scan” atau “Pencarian Otomatis”.
  6. Tunggu hingga proses pencarian selesai.
  7. Setelah pencarian selesai, saluran RTV akan muncul di daftar saluran yang tersedia.
  8. Pilih saluran RTV dan nikmati siaran terbaru.
Baca Juga:  Frekuensi TV Digital Padang - Update Terbaru 2024

Daftar Frekuensi RTV di Satelit Lain

Selain di Telkom 4, RTV juga tersedia di beberapa satelit lain. Berikut adalah daftar frekuensi RTV di satelit-satelit tersebut:

Satelit Frekuensi (TP) Provider
Palapa D 3520 V 30000 Skynindo
Chinasat 10 3840 V 30000 Skynindo
Telkom 4 3949 V 4333 Rajawali TV
Measat 3b 12643 V 30000 Transvision
ABS 2A 12290 V 44000 SMV FreeSat TV

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas frekuensi RTV Telkom 4 untuk format MPEG-2 dan MPEG-4. Jika Anda ingin menikmati siaran RTV dengan kualitas yang baik, pastikan receiver atau decoder Anda mendukung format yang sesuai.

Selain di Telkom 4, RTV juga tersedia di beberapa satelit lainnya. Jadi, pastikan Anda memilih frekuensi yang tepat untuk menikmati frekuensi RTV Telkom 4 sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *