cara setting receiver ninmedia
cara setting receiver ninmedia

Cara Setting Receiver Ninmedia – Panduan Lengkap dan Praktis

Front-tv.net – Ninmedia adalah penyedia layanan televisi satelit yang menawarkan berbagai saluran menarik secara gratis atau yang dikenal dengan istilah Free To Air (FTA).

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara setting receiver Ninmedia.

Dengan melakukan pengaturan yang tepat pada receiver Ninmedia, kalian dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik.

Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses cara setting receiver ninmedia, ada beberapa peralatan yang perlu kalian siapkan. Peralatan tersebut meliputi:

  1. Parabola Mini: Kalian membutuhkan parabola mini dengan diameter dish 60-80 cm karena Ninmedia menggunakan frekuensi Ku Band. Pastikan parabola dipasang dengan benar dan menghadap ke arah satelit Ninmedia.
  2. LNB Ku Band: Gunakan LNB Ku Band dengan pengaturan universal 9750-10600. LNB ini berfungsi untuk mengubah sinyal satelit menjadi sinyal yang dapat diterima oleh receiver Ninmedia.
  3. Receiver Ninmedia: Kalian memerlukan receiver Ninmedia yang mendukung format MPEG 4 dan codec audio AAC. Receiver ini akan menjadi perangkat utama untuk mengakses siaran Ninmedia.
  4. Kabel Antena: Sambungkan kabel antena parabola ke port “LNB IN” pada receiver Ninmedia. Pastikan kabel terhubung dengan kuat dan tidak ada yang putus atau rusak.
  5. Kabel HDMI atau AV: Sambungkan receiver Ninmedia ke televisi menggunakan kabel HDMI atau kabel AV. Hubungkan satu ujung kabel ke port “HDMI” atau “AV OUT” pada receiver, dan ujung lainnya ke port yang sesuai pada televisi.
  6. Adaptor Daya: Sambungkan receiver Ninmedia ke sumber daya listrik menggunakan adaptor yang disediakan. Pastikan receiver terhubung dengan baik dan nyalakan.

Cara Setting Receiver Ninmedia

Berikut adalah langkah-langkah cara setting receiver ninmedia yang perlu kalian ikuti:

Baca Juga:  Frekuensi RCTI K Vision- Semua Satelit

Langkah 1: Pasang Parabola

  1. Pasang parabola mini dengan benar sesuai dengan panduan yang disediakan oleh Ninmedia. Pastikan parabola menghadap ke arah satelit Ninmedia untuk mendapatkan sinyal yang optimal.
  2. Gunakan aplikasi “SatFinder” pada smartphone kalian untuk membantu menemukan arah satelit. Aktifkan GPS pada smartphone kalian untuk menentukan lokasi kalian.
  3. Buka aplikasi SatFinder dan input nama satelit Ninmedia. Aplikasi ini akan memberikan panduan untuk mengarahkan parabola mini dengan akurat.
  4. Putar dish parabola mini menuju titik koordinat yang tepat sesuai dengan panduan dari aplikasi SatFinder. Pastikan parabola mini terkunci dengan baik pada posisi yang benar.

Langkah 2: Koneksi Receiver

  1. Hubungkan kabel antena parabola ke port “LNB IN” pada receiver Ninmedia. Pastikan kabel terhubung dengan kuat dan tidak ada yang putus atau rusak.
  2. Sambungkan receiver Ninmedia ke televisi menggunakan kabel HDMI atau kabel AV. Hubungkan satu ujung kabel ke port “HDMI” atau “AV OUT” pada receiver, dan ujung lainnya ke port yang sesuai pada televisi.
  3. Sambungkan receiver Ninmedia ke sumber daya listrik menggunakan adaptor yang disediakan. Pastikan receiver terhubung dengan baik dan nyalakan.

Langkah 3: Pengaturan Awal

  1. Pada televisi, pilih sumber input yang sesuai dengan koneksi receiver Ninmedia. Misalnya, jika kalian menggunakan kabel HDMI, pilih input HDMI pada televisi.
  2. Setelah receiver Ninmedia menyala, ikuti petunjuk yang muncul pada layar televisi untuk melakukan pengaturan awal. Ini mungkin termasuk memilih bahasa, zona waktu, dan pengaturan lainnya. Gunakan tombol navigasi pada remote control untuk memilih opsi yang diinginkan.
  3. Setelah pengaturan awal selesai, kalian perlu melakukan pencarian saluran. Pilih opsi “Pencarian Saluran” atau “Auto Scan” pada menu receiver. Proses ini akan memindai saluran-saluran yang tersedia.

Langkah 4: Pencarian Saluran

  1. Tunggu hingga proses pencarian saluran selesai. Receiver Ninmedia akan menampilkan daftar saluran yang berhasil ditemukan.
  2. Gunakan tombol navigasi pada remote control untuk memilih saluran yang ingin ditonton. kalian juga dapat mengatur daftar saluran favorit atau menghapus saluran yang tidak diinginkan.
  3. Jika diperlukan, kalian dapat melakukan pengaturan tambahan seperti mengatur timer perekaman, menyesuaikan kualitas gambar, atau mengatur preferensi suara.

Mengatur Ulang Daftar Channel pada Receiver Oracle

Jika kalian menggunakan receiver Oracle, berikut adalah cara mengatur ulang daftar channel:

  1. Tekan tombol Menu pada remote receiver Oracle.
  2. Pilih opsi “Daftar Saluran” atau “Channel List” pada menu.
  3. Pada daftar saluran, gunakan tombol navigasi untuk memilih saluran yang ingin kalian pindahkan.
  4. Tekan tombol yang sesuai (misalnya, tombol Hijau) untuk mengaktifkan mode pengaturan ulang daftar saluran.
  5. Gunakan tombol navigasi untuk memilih posisi tujuan saluran yang ingin dipindahkan.
  6. Tekan tombol yang sesuai (misalnya, tombol Merah) untuk menyimpan pengaturan ulang daftar saluran.
  7. Ulangi langkah-langkah di atas untuk memindahkan saluran lain sesuai keinginan kalian.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Front-tv.net mengenai cara setting receiver ninmedia. Dengan mengikuti panduan cara setting receiver ninmediaini, kalian dapat dengan mudah mengatur receiver Ninmedia dan menikmati berbagai saluran menarik yang disediakan.

Baca Juga:  Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat - Mudah dan Efektif

Pastikan kalian mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan memeriksa kembali koneksi serta pengaturan untuk mendapatkan pengalaman menonton TV yang optimal.

Selamat menikmati siaran dari Ninmedia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *