cara cek tegangan tv
cara cek tegangan tv

5 Cara Cek Tegangan TV

Front-tv.net – Television merupakan salah satu perangkat elektronik yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan kualitas gambar yang tidak optimal.

Salah satu faktor yang perlu diperiksa adalah tegangan listrik yang diterima oleh TV. Memastikan tegangan yang tepat dapat meningkatkan performa TV dan mencegah kerusakan yang mungkin terjadi.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah praktis tentang cara cek tegangan TV secara terperinci.

Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah ini, kalian akan dapat mengetahui apakah tegangan listrik di rumah kalian memenuhi persyaratan yang diperlukan oleh TV. Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Mengapa Cek Tegangan TV Penting?

Sebelum mempelajari cara cek tegangan TV, penting untuk memahami mengapa hal ini begitu penting. Tegangan listrik yang tidak stabil atau tidak sesuai dapat menyebabkan berbagai masalah pada TV, seperti gambar yang buram, suara yang terdistorsi, atau bahkan kerusakan permanen pada komponen internal TV.

Dengan memeriksa tegangan TV secara teratur, kalian dapat memastikan bahwa TV kalian menerima tegangan listrik yang stabil dan sesuai. Hal ini akan meningkatkan kualitas gambar dan suara yang dihasilkan oleh TV, serta memperpanjang umur perangkat elektronik kalian.

Baca Juga:  TV LCD Layar Gelap Suara Ada - Penyebab dan Solusinya

Alat yang Diperlukan untuk Cek Tegangan TV

Sebelum memulai proses pengecekan tegangan TV, ada beberapa alat yang perlu kalian persiapkan:

  • Multitester atau avometer: Alat ini digunakan untuk mengukur tegangan listrik pada berbagai komponen TV.
  • Kabel pena hitam dan merah: Digunakan untuk menghubungkan multitester atau avometer dengan komponen TV yang akan diukur tegangannya.
  • Pengetahuan tentang komponen TV: Penting untuk memahami komponen-komponen utama pada TV dan di mana letak tegangan yang perlu diukur.

Langkah-Langkah Cara Cek Tegangan TV

Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk cek tegangan TV secara lengkap:

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pengecekan tegangan TV, pastikan kalian telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Pastikan kalian memiliki multitester atau avometer, kabel pena hitam dan merah, serta pengetahuan tentang komponen TV yang akan diperiksa.

2. Matikan TV dan Cabut dari Sumber Listrik

Sebelum memeriksa tegangan TV, pastikan kalian mematikan TV dan mencabutnya dari sumber listrik. Hal ini untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan dan melindungi diri kalian dari tegangan listrik yang berbahaya.

3. Hubungkan Multitester atau Avoemeter dengan Komponen TV

Selanjutnya, hubungkan kabel pena hitam multitester atau avometer ke jalur ground negatif pada mainboard TV atau mesin TV di sekitar trafo switching bagian sekunder. Kemudian, gunakan kabel pena merah untuk mengukur tegangan positif pada komponen TV yang akan diperiksa.

Baca Juga:  Kode Remot TV Animax - Panduan Lengkap dan Cara Pengaturannya

4. Mengukur Tegangan pada Komponen TV

Setelah kabel pena hitam dan merah terhubung dengan benar, saatnya untuk mengukur tegangan pada komponen TV. Berikut adalah beberapa komponen utama yang perlu diperiksa dan langkah-langkahnya:

a. Mengukur Tegangan pada PCB RGB di Belakang Tabung

  • Hubungkan pena kabel merah ke kaki positif (+) elko 250 volt pada PCB RGB di belakang tabung.
  • Baca tegangan yang terukur pada multitester atau avometer.

b. Mengukur Tegangan pada Kaki/Pin B+ Flyback/FBT

  • Hubungkan pena kabel merah ke kaki/pin B+ Flyback/FBT yang terletak pada jalur yang menghubungkan ke elko 160 volt.
  • Pada televisi berukuran 14 inci dan 21 inci, tegangan yang terukur seharusnya sebesar 110 volt.
  • Pada televisi berukuran 25 inci hingga 29 inci, tegangan yang terukur seharusnya sebesar 130 volt.

c. Mengukur Tegangan pada Kaki IC 7812 dan IC 7805

  • Hubungkan pena kabel merah ke kaki paling kanan dari IC 7812 untuk mengukur tegangan 12 volt.
  • Hubungkan pena kabel merah ke kaki paling kanan dari IC 7805 untuk mengukur tegangan 5 volt.

d. Mengukur Tegangan pada Kaki Tuner Blog

  • Hubungkan pena kabel merah ke kaki Tuner blog yang memiliki tulisan B+.
  • Baca tegangan yang terukur pada multitester atau avometer.

5. Menganalisis Hasil Pengukuran

Setelah melakukan pengukuran tegangan pada komponen TV, analisislah hasil pengukuran tersebut. Pastikan tegangan yang terukur sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan untuk setiap komponen. Jika terdapat perbedaan yang signifikan, ini menunjukkan adanya masalah pada komponen atau tegangan listrik yang diterima oleh TV.

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah praktis tentang cara cek tegangan TV secara lengkap. Memeriksa tegangan TV secara teratur sangat penting untuk memastikan TV kalian menerima tegangan listrik yang stabil dan sesuai.

Baca Juga:  Kenapa TV Samsung Suara Kecil? Ini Penyebabnya

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, kalian dapat memastikan kualitas gambar dan suara yang optimal pada TV kalian serta memperpanjang umur perangkat elektronik kalian.

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat melakukan pengecekan tegangan TV dan pastikan untuk mengikuti prosedur keselamatan yang disarankan.

Jika kalian tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman yang cukup, disarankan untuk meminta bantuan dari ahli atau teknisi yang berpengalaman.

Dengan cara cek tegangan TV yang benar, kalian dapat menjaga TV kalian dalam kondisi yang baik dan menikmati pengalaman menonton yang optimal. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kalian dalam menjaga kualitas TV kalian .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *