Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET: Universal dan Non-Universal

Front-tv.netApakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam memasukkan kode remote pada TV karena remote Anda tidak memiliki tombol SET? Jika iya, tenang saja!

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara setting remote TV tidak ada tombol SET, baik untuk jenis remote universal maupun non-universal.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang kedua jenis remote tersebut, cara penggunaannya, serta rekomendasi harga remote TV universal yang bagus.

Sekilas Tentang Remote TV Universal

Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Dalam era televisi modern, remote TV menjadi perangkat yang sangat penting. Remote TV terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah remote TV universal.

Remote TV universal didesain untuk dapat digunakan pada berbagai merek dan model televisi. Keunggulan utama dari remote TV universal adalah kemampuannya untuk mengoperasikan beberapa jenis televisi hanya dengan satu remote control.

Remote TV universal sangat praktis dan mudah digunakan. Setelah memasukkan kode sesuai merek televisi yang akan digunakan, remote ini langsung siap digunakan tanpa perlu mengatur ulang atau menyesuaikan sinyal televisi.

Remote TV universal juga cocok digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, karena tombolnya tidak terlalu banyak dan mudah dipahami.

Kegunaan Remote TV Universal

Remote TV universal sangat berguna ketika remote asli TV Anda rusak atau hilang. Kelebihan dari remote TV universal adalah kemampuannya untuk digunakan pada berbagai merek televisi dengan harga dan fungsi yang berbeda.

Beberapa merek remote TV universal yang direkomendasikan antara lain Huayu, Visero, Shimura, Joker, dan Chunghop.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua remote TV universal dapat mengoperasikan perangkat Audio Visual dan Blu-ray. Jadi, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas remote TV universal dengan perangkat televisi Anda sebelum membelinya.

Baca Juga:  TV Yang Bagus Buat PS5 - Update Terbaru 2024

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua jenis remote TV, yaitu universal dan non-universal. Berikut ini adalah panduan cara setting remote TV tidak ada tombol SET untuk kedua jenis remote tersebut.

1. Remote TV Universal

Pada remote TV universal, umumnya terdapat tombol SET yang digunakan untuk memasukkan kode remote dari berbagai merek TV.

Tombol SET biasanya terletak di bagian atas pojok kanan atau bawah remote, tergantung merek dan tipe remote. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk setting remote TV universal:

  1. Nyalakan televisi dan tahan remote TV dekat deRemote TV Tidak Ada Tombol SETngan lampu indikator televisi.
  2. Tekan dan tahan tombol “Set” pada remote TV hingga lampu indikator remote menyala.
  3. Tekan dan tahan tombol volume berulang kali hingga teks volume muncul di layar TV.
  4. Tekan dan tahan tombol volume. Jika volume di layar televisi turun, itu berarti remote TV Anda berhasil disetel.
  5. Ulangi langkah di atas jika tidak berhasil, dan lakukan proses pemrograman ulang hingga remote TV universal dapat terhubung dengan televisi.
  6. Setelah selesai, tekan tombol “Set” pada remote TV hingga lampu indikator remote mati.

2. Remote TV Non-Universal

Pada remote TV non-universal, tidak ada tombol SET yang tersedia. Remote TV non-universal hanya dapat digunakan untuk satu merek TV saja.

Remote ini biasanya diberikan bersama pembelian unit TV, seperti Samsung, Polytron, atau Sharp, dan tidak dapat digunakan untuk memasukkan kode remote TV dari merek TV lainnya.

Jika remote TV non-universal rusak, Anda harus membeli remote yang sesuai dengan merek TV yang digunakan. Remote TV non-universal tidak memerlukan proses setting karena sudah siap pakai. Cukup pasang baterai, dan remote ini langsung dapat digunakan untuk mengoperasikan televisi.

Cara Setting Remote TV dengan Kode

Jika sebelumnya Anda mengatur remote TV universal tanpa kode, maka metode ini berbeda.

Cara mengatur remote TV universal dengan kode sangat mudah dan praktis.

Anda dapat menemukan kode remote TV pada panduan yang terdapat di dalam dus atau kemasan remote TV universal.

Sebagai contoh, kode remote TV untuk merek Sharp adalah 1-3-7.

Baca Juga:  Garansi TV Coocaa - Semua Tipe dan Panduan Klaimnya

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatur remote TV universal:

  1. Tekan atau tahan tombol “set” sampai lampu indikator menyala.
  2. Setelah lampu menyala, masukkan atau tekan kode remote TV sesuai dengan merek televisi yang ingin dihubungkan. Contoh: Kode remote TV Sharp adalah 137.
  3. Periksa tombol remote untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik.
  4. Remote TV universal sekarang sudah dapat digunakan.
  5. Jika tidak berhasil, coba lagi dengan teliti.

Cara Mencari Kode TV Manual

Untuk mencari kode TV secara manual, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Panduan Pengguna: Periksa panduan pengguna atau buku petunjuk yang disertakan dengan remote TV universal. Cari bagian yang membahas pengaturan dan mencari kode untuk televisi tertentu.
  2. Kemasan Remote: Lihat pada kemasan remote TV universal. Terkadang, kode TV tertentu dapat dicantumkan di bagian belakang kemasan atau dalam informasi produk.
  3. Situs Web Produsen: Kunjungi situs web produsen remote TV universal. Banyak produsen menyediakan database online yang berisi daftar kode untuk berbagai merek dan model televisi.
  4. Pencarian Online: Gunakan mesin pencari untuk mencari kode TV manual. Masukkan merek dan model remote TV universal Anda bersama dengan kata kunci “kode TV” untuk menemukan informasi yang diperlukan.
  5. Pusat Layanan Pelanggan: Hubungi pusat layanan pelanggan produsen remote TV universal. Mereka dapat memberikan panduan atau informasi lebih lanjut mengenai cara mencari kode TV manual.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat dan masukkan kode dengan benar saat mengatur remote TV universal Anda.

Rekomendasi Harga Remote TV Universal

Bagi Anda yang membutuhkan remote TV universal baru, berikut ini adalah beberapa merek dan harga remote TV universal yang direkomendasikan:

  1. Remote TV Universal Joker: Rp 50.000 – Rp 100.000
  2. Remote TV Universal Chunghop: Rp 30.000 – Rp 80.000
  3. Remote TV Universal Huayu: Rp 20.000 – Rp 60.000

Pastikan untuk memilih remote TV universal yang sesuai dengan merek dan model televisi Anda agar dapat berfungsi dengan baik.

Cara Merawat Remote TV Universal Agar Awet

Selain mengetahui cara mengatur remote TV tidak ada tombol SET, penting juga untuk mengetahui cara merawat remote TV universal agar lebih tahan lama. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Baca Juga:  TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start - Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Ganti Baterai secara Teratur

Untuk menjaga agar remote TV universal Anda tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda secara berkala mengganti baterainya. Karena baterai seringkali rentan terkena karat dan dapat berdampak pada kinerja remote TV Anda.

2. Bersihkan Secara Berkala

Remote TV yang sering digunakan pasti akan menjadi kotor. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya secara rutin. Dengan begitu, kotoran tidak akan menumpuk di sekitar remote.

Selain dua tips di atas, pastikan Anda tidak meletakkan remote TV dengan sembarangan. Sebab, kecerobohan ini seringkali menyebabkan remote TV terinjak dan rusak.

Kesimpulan

Mengatur remote TV tidak ada tombol SET dapat dilakukan dengan menggunakan remote TV universal atau remote TV non-universal. Remote TV universal dapat digunakan untuk berbagai merek TV dengan memasukkan kode remote yang sesuai. Sedangkan remote TV non-universal hanya dapat digunakan untuk satu merek TV saja.

Pilihlah remote TV yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk mengikuti panduan pengaturan yang disediakan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengatur remote TV tanpa tombol SET.

Jangan lupa untuk memeriksa panduan penggunaan yang disertakan dalam paket pembelian remote TV Anda untuk informasi lebih lanjut tentang pengaturan dan penggunaan remote TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *