cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa
cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Front-tv.net – Pergantian dari siaran TV analog ke siaran TV digital telah menjadi topik yang hangat dalam beberapa waktu terakhir. Banyak masyarakat yang masih bingung tentang bagaimana cara menikmati siaran TV digital dengan menggunakan TV analog dan antena biasa.

Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang dapat diikuti cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa pada TV analog.

Kalian tidak perlu membeli perangkat TV digital baru, karena dengan menggunakan perangkat tambahan berupa Set Top Box (STB) atau Digital TV Box yang mendukung fitur DVB-T2, kalian dapat menikmati siaran TV digital dengan mudah.

Syaratan Mendapat Siaran TV Digital

Sebelum memulai langkah-langkahnya cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan. Pastikan kalian telah mempersiapkan perangkat dan memastikan bahwa TV analog kalian mendukung saluran TV digital.

Jika TV kalian tidak mendukung saluran TV digital, kalian dapat menggunakan STB atau Digital TV Box. Pastikan juga STB yang kalian beli mendukung fitur DVB-T2.

Selanjutnya, pastikan bahwa kalian memiliki antena UHF (Ultra High Frequency) yang dapat digunakan untuk menangkap sinyal digital. Antena ini dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Selain itu, pastikan bahwa antena telah terhubung ke STB sebelumnya.

Langkah-langkah untuk Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Berikut adalah langkah-langkah cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa (UHF) yang perlu kalian ikuti:

Baca Juga:  Cara Nonton TV di Laptop Gratis!

1. Memastikan Siaran TV Digital Tersedia

Langkah pertama adalah memastikan apakah siaran TV digital sudah tersedia di lokasi Anda. Anda dapat memeriksa informasi ini melalui situs web resmi Kominfo (https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran) atau dengan mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital melalui Google Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, izinkan akses lokasi Anda. Aplikasi ini akan menampilkan peta dengan warna-warna yang menunjukkan ketersediaan siaran TV digital di lokasi Anda.

2. Memiliki Antena UHF

Pastikan Anda memiliki antena UHF yang berkualitas baik. Jika Anda masih menggunakan antena UHF untuk menangkap siaran TV analog, Anda tidak perlu membuangnya. Antena UHF ini dapat digunakan untuk menangkap siaran TV digital baik dalam ruangan maupun luar ruangan.

3. Memiliki Set Top Box DVB-T2

Pastikan TV Anda dilengkapi dengan set top box DVB-T2. Jika TV Anda belum dilengkapi dengan perangkat ini, Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan set top box gratis dari Kominfo atau membelinya di toko elektronik atau e-commerce. Harga set top box ini masih cukup terjangkau.

4. Menghubungkan Set Top Box ke TV Analog

Jika TV Anda hanya dapat menerima siaran TV analog, Anda perlu menyambungkan set top box ke TV analog menggunakan kabel AV dengan ujung berwarna merah, kuning, dan putih.

Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah pemasangan yang benar sesuai dengan petunjuk yang ada agar dapat berhasil mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa. Setelah menghubungkan set top box, hidupkan perangkat tersebut dan tekan tombol [Menu] pada remot set top box.

Cari menu pencarian saluran dan pilih [Pencarian Otomatis] untuk melakukan pencarian. Setelah selesai, pilih [Simpan]. Untuk menonton siaran TV digital, pastikan TV dalam posisi AV.

5. Mencari Siaran Digital Menggunakan TV Analog

Setelah TV terhubung dengan set top box, hidupkan set top box dan cari menu AV pada TV digital. Pilih opsi pengaturan atau setting, lalu pilih tombol [Auto Scan] untuk memindahkan program siaran TV digital.

Baca Juga:  Kerusakan TV LED Sony Bravia - Penyebab Solusi dan Perawatan

Dengan cara ini, kalian dapat dengan mudah mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa. Selain menonton siaran TV digital, kalian juga dapat memasang DVD player atau konsol Playstation.

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

Meskipun begitu, masih banyak orang yang tidak dapat membedakan antara TV digital dan TV analog. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui perbedaan antara TV digital dan TV analog:

1. Periksa Spesifikasi di Belakang TV

Periksa spesifikasi di bagian belakang TV. Jika terdapat keterangan seperti “digital ready”, “digital tuner”, “DTV ready”, “tuner TV digital”, “digital built-in tuner”, atau “DVB-T2”, maka dapat dipastikan bahwa TV tersebut mendukung siaran TV digital.

2. Periksa Spesifikasi Manual

Jika tidak ada keterangan tersebut di belakang TV, kalian dapat memeriksa buku panduan atau mencari informasi spesifikasi TV tersebut di situs web resmi pabrik TV.

Sertakan merk dan model TV saat mencari informasi mengenai kemampuan TV tersebut dalam menangkap siaran TV digital.

3. Periksa Channel yang Sudah Tersedia

Periksa daftar channel yang sudah ada di TV kalian . Jika terdapat channel TVRI world, Nusantara TV, Mentari TV, atau channel-channel lain yang menampilkan siaran TV digital, maka dapat dipastikan bahwa TV kalian sudah mendukung siaran TV digital.

Jika tidak menemukan channel-channel tersebut, coba lakukan pemindaian ulang TV untuk menangkap channel-channel baru yang belum tertangkap sebelumnya.

4. Periksa Website Resmi Kominfo

Langkah terakhir adalah mengunjungi website resmi Kominfo. Pada website tersebut, kalian dapat memeriksa informasi mengenai TV yang sudah mendukung siaran TV digital.

Pilih kategori TV yang sesuai, lalu pilih merk dan model TV kalian. Jika TV kalian tidak terdaftar, maka dapat dipastikan bahwa TV tersebut sudah mendukung siaran TV digital dengan menggunakan antena biasa. Kalian juga dapat memeriksa sertifikasi Kominfo untuk merk dan model set top box TV digital.

Baca Juga:  7 Aplikasi Remote TV Terbaik untuk Android dan iPhone

Tips dan Trik

  • Pastikan bahwa antena terpasang dengan baik dan menghadap ke arah pemancar siaran TV digital.
  • Jika kalian mengalami masalah dalam mendapatkan sinyal, periksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili kalian.
  • Kalianjuga dapat menggunakan aplikasi SinyalTVDigital untuk memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah kalian. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Kesimpulan

Demikian pembahasan Front-tv.net mengenai cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa. Mendapatkan siaran TV digital dengan menggunakan antena biasa pada TV analog sebenarnya cukup mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat menikmati siaran TV digital dengan kualitas gambar yang lebih baik dan suara yang lebih jernih.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa TV analog kalian mendukung saluran TV digital atau menggunakan STB yang sesuai. Selamat menikmati siaran TV digital dengan kualitas terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *